Kamis, 04 Agustus 2022

Dua Rahasia Super Rilis Berita

Hingga 90 persen berita di surat kabar dan berita TV muncul karena
seseorang mengirimkan siaran pers. Bisakah Anda bayangkan apa artinya itu?

Apa yang akan terjadi pada bisnis Anda jika Anda muncul di Oprah? Atau jika sebuah
majalah besar memuat cerita fitur tentang Anda? Atau koran besar? Bisnis Anda tidak akan
pernah sama lagi. Tidak ada jumlah iklan berbayar yang dapat menandingi publisitas gratis.

Namun, sangat sedikit usaha kecil yang pernah repot-repot mengirimkan siaran pers. (
Istilah "rilis pers" dan "rilis berita" dapat dipertukarkan, tetapi saya lebih suka "
rilis berita" karena ini mengingatkan saya bahwa rilis tersebut harus berisi beberapa jenis berita.)

=> Rahasia Super #1: Kirim rilis berita secara teratur, ke media lokal Anda, media nasional
, dan posting secara online juga.

Ini berarti mendidik diri sendiri tentang apa yang dimaksud dengan rilis berita dan liputan bola. Dan
pendidikan itu VITAL. Tidak ada yang lebih menarik bagi seorang reporter daripada menerima iklan terang-terangan yang
menyamar sebagai rilis berita. Saya seorang jurnalis komputer, dan saya menerima
rilis berita setiap hari yang tidak lebih dari iklan yang terang-terangan. Sikap editor saya
adalah: "Jika Anda ingin beriklan, belilah iklan. Jika Anda ingin publisitas gratis, beri kami
cerita sebagai balasannya."

Berikut adalah sumber brilian yang memberi tahu Anda semua yang perlu diketahui tentang membuat
rilis berita yang tidak hanya dibaca, tetapi juga digunakan:

[http://sprite.netnation.com/~greenbri/ABCPublicityFAQ.html]

=> Rahasia Super #2: Kurangnya tanggapan tidak berarti TIDAK ada tanggapan

Hal yang perlu diingat ---- sebagian besar rilis yang Anda kirim tampaknya tidak menghasilkan apa-apa.
"Tampak" adalah kata operatifnya.

Katakanlah Anda telah menghabiskan empat jam berkeringat atas rilis berita keuangan online. Anda mengirimkannya. Untuk
menciptakan klise, keheningan memekakkan telinga.

Namun, semua tidak seperti yang terlihat. Semakin sering nama Anda melintasi meja reporter,
semakin akrab Anda. Ketika saya mengenakan topi jurnalis saya, saya menghargai
pemasar yang mengirimi saya rilis: setelah rilis ketiga atau keempat, nama mereka
akrab. Saya mungkin tidak menggunakan cerita mereka, tetapi jika mereka terus mengirimi saya rilis, mereka AKAN
mendapat tanggapan.

Dalam praktik copywriting saya, saya mengirimkan rilis berita untuk klien secara teratur, pada jadwal yang ditentukan, karena rilis berita yang tidak diambil memang berpengaruh. Kirim
rilis Anda, dan cepat atau lambat, jika Anda bertahan, Anda akan mendapatkan publisitas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar